Kamis, 23 Maret 2017

Mau Investasi Ruko ? Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Alami Kerugian

Investasi ruko atau rumah toko merupakan salah satu pilihan bisnis yang cukup menjanjikan di era modern seperti ini. Banyaknya kebutuhan masyarakat akan tempat usaha yang dapat ditinggali serta banyaknya masyarakat yang mulai mandiri menciptakan usaha sendiri menjadi alasan cukup kuat bagi para pelaku investasi ruko untuk melancarkan bisnisnya. Disamping itu nilai jual properti yang terus menerus meningkat setiap tahunnya pun turut menjadi keuntungan tersendiri bagi agen properti atau perseorangan yang memutuskan untuk melakukan bisnis investasi ruko. Bagi kamu yang masih pemula, atau yang baru mau memulai untuk membuat sebuah ruko atau rumah toko untuk dijadikan sebuah investasi ada baiknya untuk mempelajari dan memahami hal – hal berikut ini untuk menambah informasi dan menanggulangi permsalahan kedepannya.


Keuntungan Beli Ruko :

Permintaan Konsumen Tinggi
Jika kamu membangun atau beli ruko di tempat dan lokasi strategis yang terletak di pusat lokasi bisnis, sangat dipastikan bahwa investasi ruko yang kamu jalankan tidak akan pernah sepi penyewa, hal ini karena banyaknya para pelaku usaha dan bisnis yang mencari ruko sebagai tempat untuk menjalankan kegiatan usaha dan bisnisnya. Situasi seperti ini dapat dilihat pada pusat pasar yang memiliki lokasi strategis. Ruko – ruko yang dibangun di lokasi strategis dan ramai aktivitas bisnis nyaris tidak pernah terlihat iklan ruko disewakan. Hal ini cukup dijadikan sebagai bukti bahwa ruko memang sangat tepat untuk dijadikan sebagai ladang usaha.

Waktu Sewa Lebih Lama
Hal ini berbeda dengan properti rumah sewaan lainnya, sebagian besar waktu sewa nya hanya kisaran 6 hingga 1 tahun. Ruko umumnya disewakan pada jangka waktu lebih lama sekitar 2 hingga 3 tahun, bahkan banyak diantaranya para penyewa yang memperpanjang waktu sewanya.

Pengembalian Modal Cepat
Modal yang kamu keluarkan untuk membeli atau membangung ruko akan dengan cepat kembali. Mengingat umumnya tariff untuk sewa ruko berkisar 6 hingga 9 % dari harga jual ruko. Dengan begitu tingkat pengembalian modal investasi ruko akan lebih cepat kembali dibandingkan dengan investasi sewa properti lainnya.

Kerugian Beli Ruko :

Sensitif dengan Kondisi Pasar
Biasanya ruko digunakan untuk tujuan menjalankan bisnis atau usaha, hal inilah yang seringkali membuat ruko sangat sensitif terhadap iklim pasar. Saat kondisi pasar cukup baik, para pelaku bisnis akan berburu untuk sewa ruko dengan harga yang cukup tinggi, namun sebaliknya jika iklim pasar tidak cukup baik, umumnya harga sewa ruko pun akan ikut turun dan penyewa akan memilih untuk meninggalkan ruko tersebut.

Tergantung lokasi
Ruko merupakan properti komersial yang sangat bergantung pada lokasi atau tempat ia dibangun dan didirikan. Ruko yang memiliki lokasi cukup ramai atau pusat bisnis, cenderung memiliki harga sewa yang cukup tinggi, sedangkan jika kamu salah ketika memprediksikan lokasi pada saat membangun, maka resiko yang terjadi ialah sulitnya mendapatkan penyewa, jika pun ada harga sewa cenderung cukup rendah.

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih lahan atau membeli ruko untuk investasi ruko. Hal yang paling penting ialah memperhatikan lokasi dibangun ruko. Keuntungan dan prospek investasi ruko sangat bergantung pada lokasi berdirinya bangunan. Pilih lokasi seperti kawasan perumahan, pinggiran jalan utama atau jalan raya yang cukup besar, kompleks trade centre, atau ruko di kawasan ruko. Hal ini cukup penting untuk dipertimbangkan dan dipikirkan secara matang demi keberlangsungan bisnis ruko yang kamu jalani. Selain itu harga sewa yang kamu tawarkan harus sesuai dengan harga atau nilai jual ruko yang kamu bangun. Biasanya nilai tariff sewa ruko ialah sekitar 6 % hingga 9 % dari nilai jual ruko ntuk sewa per tahunnya.

Investasi ruko juga sangat dipengaruhi oleh krisis ekonomi, hal ini karena kebanyakan ruko digunakan sebagai tempat membuka usaha atau bisnis. Yang perlu kamu perhatikan untuk mengtasi hal ini ialah dengan menentukan segmen bisnis apa yang akan menjadi penyewa ruko milikmu. Pilih atau utamakan perusahaan atau bisnis yang cukup mapan dan berkembang baik seperti bank, fast food, bakery dan lain lain. Karena biasanya penyewa yang memiliki bisnis ini cenderung melakukan sewa dalam jangka waktu yang cukup lama dengan uang muka yag cukup besar pula.

Related Posts

Mau Investasi Ruko ? Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Alami Kerugian
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.