Kamis, 02 Maret 2017

Tips Membeli Playstation 4 Kondisi Bekas


Konsol game PS atau PlayStation (PS) besutan dari Sony ini sudah pada versi ke-4 atau dikenal dengan nama PlayStation (PS) 4. Kemunculan konsol game PS4 ini tentunya diikuti dengan berbagai game yang saat ini memang cukup berat. Harga dari PS4 terbaru ini cukup maha. Tapi, kalau memang ingin membeli yang PS4 bekas, berikut tips memilih PS4 yang bekas.
 

Pilihlah PS4 pemakaian baru atau versi terbaru
Play Station (PS) 4 ini memang hanya satu jenis, tapi dibuat dengan berbeda. Dari beberapa model PS4 yang saat ini yaitu, Fat (CUH-1006), Fat Gen2 (CUH-1106), Fat Gen3 (CUH-1206), Slim (CUH-2006), dan Pro (CUH-7006). Jika memang berniat membeli PS4 yang bekas, maka pastikan masa pemakaiannya itu belum terlalu sangat lama, dan juga lihat mode atau versi PS4 tersebut. Model atau versi terbaru tentunya menyediakan berbagai hal yang mutakhir di dalamnya. Sehingga saat ingin jual kembali pun, harganya tidak terlalu jatuh atau murah.

Beli yang refurbish pilih yang resmi
PS4 Refurbish merupakan PS4 yang telah dibongkar untuk perbaikan atau pergantian hardware didalam. Refurbish ini sendiri ada yang resmi dan juga ada tidak resmi. Kalau memang ingin membeli yang refurbish, maka pilihlah yang refurbish Sony langsung saja. Karena proses refurbish yang resmi dari Sony akan melewati proses quality control seperti PS4 yang baru. Jadi, ini sama saja membeli sebuah PS4 yang baru.
 

Telusuri pemakai sebelumnya
Biasanya penjual PS4 ini akan memberikan informasi, PS4 tersebut dari Jepang langsung dan lain-lain. Sebenarnya PS4 dari mana pun kualitasnya itu tetapsama. Yang menentukan bagus tidaknya PS4 bekas tersebut adalah pengguna atau pemilik sebelumnya dari PS4 tersebut. Untuk itu, latar belakang pemakai PS4 sebelumnya yang paling penting harus ditelusuri.
 

Pilih yang berlabel Region SEA (South East Asia)
SKU dari PS4 ini juga berbeda karena PS4 ini sudah sampai kepada berbagai negara di seluruh dunia. Untuk Indonesia sendiri termasuk dalam wilayah SEA. Kode SKU untuk PS4 SEA ini adalah yang memiliki akhiran 06. Seperti misalnya, CUH-10XX dengan akhiran 06. Kalau tidak memilih yang sesuai region SEA, maka tidak bisa melakuakn klaim garansi ke service center Sony Indonesia.

Pastikan masih memiliki garansi resmi serta garansi personal
PlayStation4 secara resmi biasanya memiliki garansi resmi selama 1 tahun secara penuh. Kalau memang masa garansi tersebut hampir habis, pihak Sony sendiri memberikan lagi tambahan masa garansi selama 3 tahun, yang tentunya akan diberikan harga tertentu. Tapi, kalau pemakai sebelumnya sudah kehabisan masa garansi dan tidak memperpanjangnya, maka sebaiknya agar meminta garansi personal oleh pemilik sebelumnya dan minimal 3 hari. Untuk mengecek garansi dari PlayStation ini.

Pastikan masih memiliki dus
Dus ini memiliki peranan yang penting saat ingin melakukan klaim pada garansi jika ada masalah. Pihak service center Sony untuk bisa mengklaim garansi dari PS4 tersebut, harus membawa serta dusnya tersebut. Maka dari itu, pastikan PS4 bekas yang beli tersebut masih lengkap sama dus-nya. Selain itu, kondisi dus tersebut sebaiknya diperhatikan juga dan tidak ada kerusakan. Tetapi kalau memang terlanjur rusak, tidak dapat terpakai atau terbaca lagi setiap tulisannya, maka akan  pastikan nota pembelian pertama dan juga kartu garansinya masih lengkap. Jangan lupa untuk mengecek nomor seri PS4 tersebut apakah memang sudah terdaftar di situs atau tidak.

Cek segel garansi Sony masih utuh
Pengecekan terhadap segel garansi ini sangatlah penting untuk dilakukan. Jika segel memang sudah hilang ataupun rusak, maka kemungkinan besar PS4 tersebut sudah pernah dibongkar atau sudah pernah diklaim garansi. Jadi, nantinya kalau ada kerusakan pada saat tes itu berarti karena hardware di dalamnya itu sudah pernah diperbaiki ataupun diganti. Ini sudah termasuk dalam kualitas PS4 yang sangat tidak bagus untuk dibeli. Walaupun masa garansinya sudah lewat, tetapi ini sangat penting untuk dicek.

Pastikan semua bawaan dus masih ada
Saat membeli perangkat konsol game seperti PS4 ini salah satu perangkat bawaannya itu seperti Stick sudah tidak ada, entah karena rusak ataupun bagaimana. Sebenarnya perangkat asli dari PS4 sudah ada dijual di pasaran seperti Stick tersebut. Tapi karna harganya itu cukup lumayan mahal. Jadi, sebaiknya pastikan setiap perangkat bawaan dari dusnya itu masih lengkap.

Cek semua bagian PS4
Hal yang selanjutnya merupakan salah satu yang terpenting untuk dilakukan. Harus mengecek setiap bagian dari PS4, mulai dari bodi, port yang ada, tempat DVD ata BD-Drive, software, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mencoba  online dengan game yang tersedia di dalamnya, kalau memang gamenya online.

JoyStick (Gamepad), asli atau tidak
Kalau pun sebenarnya gamepad PS4 ini belum ada yang dijual versi KW ataupun imitasinya, tapi bisa saja perakitan pada gamepad ini membuatnya menjadi imitasi atau KW. Karena pada joystick PS3 sekarang ini juga sudah ada yang versi KWnya. Joystick yang asli ini tentunya akan sangat membantu kalau nantinya ada masalah pada PS4 tersebut.
Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat memang ingin membeli PS4 dengan kondisi bekas. Semua tips tersebut sebaiknya diterapkan, agar tetap bisa mendapatkan konsol game PS4 dengan kualitas terbaik.

Related Posts

Tips Membeli Playstation 4 Kondisi Bekas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.