Minggu, 29 Juli 2018

3 Fakta Menarik Mengenai Gereja Ayam Berkokok St. Peter Gallicantu

Bagi Anda penganut agama Katholik, pastinya tidak asing dengan nama gereja yang satu ini. Gereja St. Peter Gallicantu atau yg juga dikenal sebagai Gereja Ayam Berkokok adalah salah satu gereja yang terkenal karena beberapa fakta di dalamnya. Nah, apa saja fakta di dalamnya ? Yuk simak di bawah.


1. Cerita dari Asal Nama Gallicantu
Gallicantu memiliki arti “ayam berkokok”. Nama ini diberikan pada gereja ini karena kejadian yang tertulis di dalam alkitab yaitu penyangkalan Petrus bahwa ia mengenal Yesus sebanyak tiga kali. Kejadian itu terjadi saat fajar buta sebelum ayam mulai berkokok. Maka nama Gallicantu pun disematkan bersama dengan nama Peter pada gereja tersebut.

Ayam berkokok kemudian disimbolkan dengan bentuk ayam jantan yang ditaruh di atas atap gereja. Simbol penyangkalan Peter tersebut juga terlihat di patung “Peter dan seorang wanita” yang ada di bagian belakang gereja. Di depan patung tersebut dituliskan di atas sebuah batu “But he denied him, saying: ‘Woman, I know Him not.’”  

2. Arsitektur yang Epik
salah satu hal yang menonjol dari gereja ini adalah gaya arsitekturnya. Terdapat banyak hal yang ikonik yang melambangkan berbagai hal. Salah satunya adalah berbagai mosaik yang menghiasi berbagai sudut gereja. Mosaik ini diperkirakan ada sejak jaman Bizantium.
Pada ruangan utama gereja dipenuhi dengan mosaik yang menggambarkan berbagai figur dari Perjanjian Baru. Berhadapan dengan pintu masuk gereja terdapat mosaik Yesus yang diberi pertanyaan di istana Caiapha.   

3. Gereja yang Berkali-Kali Hancur
Pada sejarahnya Gereja Ayam Berkokok ini pernah berkali-kali dihancurkan dan dibangun kembali. Gereja ini pertama kali dibangun pada 457 Masehi dan hancur pada 614 saat pemberontakan Samaria terjadi. Pada 626 gereja ini kembali dibangun. 

Pada masa Khalifah Al-Hakim gereja ini dihancurkan kembali dan dibangun kembali oleh pasukan Salib pada 1102. Terakhir, gereja Gallicantu dihancurkan oleh Kesultanan Turki pada 1219 dan dibangun kembali saat Turki runtuh di tahun 1931. Gereja tersebut kemudian masih berdiri sampai saat ini.

Begitulah 3 fakta mengenai Gereja Ayam Berkokok, St. Peter Gallicantu yang ada di Israel. Untuk Anda yang tertarik pergi jalan-jalan ke Israel, Anda dapat mengunjungi situs INSIGHT TOUR, situs tour terpercaya yang akan mengajak Anda jalan-jalan sekitar Israel.  

Related Posts

3 Fakta Menarik Mengenai Gereja Ayam Berkokok St. Peter Gallicantu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.